Pertemuan : 02- Infrastruktur TI : Sistem-Sistem Komputer

SOAL

M0304 – Corporate Information Systems Management

Pertemuan : 02- Infrastruktur TI : Sistem-Sistem Komputer

 

1. Jelaskan Kerangka Infrastruktur TI  yang digunakan untuk menjalankan Sistem Informasi pada umumnya ?

 

        Hardware

        Software

        Data

        Network

        Procedures

        People

 

 

2. Berdasarkan tipe-2 Sistem Informasi, jelaskan secara umum kebutuhan Infrtstruktur TI nya ?

 

        Hardware

        Software

        Networks & communication facilities

        Databases

        IS personnel

 

 

3. Klasifikasikan Infrastruktur TI dari perusahaan-perusahaan ?

 

        Mainframe Environment

        PC Environment

        PC-LAN Environment

        Distributed Computing Environment

        Client/server Environment

        Enterprise-wide Computing Environment

        Legacy systems

 

 

4. Jelaskan Infrastruktur Client/Server yang kini sedang populer dan paling banyak diterapkan dalam perusahaan ? Apa kelebihannya ?

 

Extranets

 

        Menghubungkan beberapa intranets melalui  Internet, dengan menambahkan mekanisme security dan tambahan beberapa functionalities.

        Mereka membentuk virtual network yang lebih luas yang memungkinkan remote users (seperti business partners atau mobile employees) nyambung dengan aman melalui Internet ke intranet utama perusahaan.

        Extranets juga digunakan oleh dua atau lebih perusahaan (suppliers & buyers) untuk berbagai informasi dalam lingkungan yang terkendali dan kemdian mereka memainkan peran utama dalam pengembangan  business-to-business electronic commerce dan Supply Chain systems.

 

 

5. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri sistem informasi berbasis WEB ?  Apa persyaratan yang diperlukan untuk mengoperasikan sistem tsb ?

 

Web-based systems merujuk pada applikasi-2 atau  services yang menempati pada satu server yang dapat diakses dengan menggunakan Web browser.

Hanya dibutuhkan client-side software untuk akses dan eksekusi applikasi ini yaitu lingkungan Web browser.

 

 

6. Sebutkan pertimbangan –pertimbangan yang digunakan untuk menetukan kebutuhan Infrstruktur TI ?

 

         Transisi ke e-business.

Merubah organisasi ke suatu  networked-computing-based e-business merupakan proses yang rumit. e-business mensyaratkan satu client/ server architecture, sebuah intranet, dan sambungan ke Internet,  dan kebijakan dan strategi e-commerce, semuanya dihadapkan pada banyak ketidak tahuan dan resiko. Meskipun demikian dibanyak organisasi perubahan ini sangat berpotensi menjadi satu cara untuk berhasil atau survival . Kapan melakukannya, bagaimana mengerjakannya, seperti apa peran dari TI dan apa dampaknya nanti ketika sudah melakuakn konversi. Perlu dipertimbangkan secara matang.

         Dari legacy systems ke client/server ke intranets, corporate portals, dan Web-based systems.

Isu utama terkait adalah perlukah, kapan dan bagaimana pindah dari legacy system ke suatu Web-based client/server enterprise-wide architecture. Bersamaan kecenderungan umum ke Web-based client/server, terbukti banyak ketidak berhasilan transformasi, dan banyak isu terkait implementasi sistem ini yang takdapat dipecahkan. Introduksi dariintranets kelihatannya begitu lebih mudah dari pada aplikasi aplikasi client/server yang lain. Perpindahan ke architecture baru memerlukan infrastructure baru dan satu keputusan tentang apa yang harus dikerjakan dengan legacy systems, yang mungkin berdampak pada orang-2, kualitas kerja, anggaran. Satu aspek penting adalah pengenalan  wireless infrastructure.

         Bagaimana menangani  outsourcing dan trend2 utility computing.

Seperti peluang untuk outsourcing (e.g., ASPs) menjadi semakin murah, tersedia, dan viable, konsepnya menjadi lebih menarik. Dalam keadaan not-so-distant  dimasa depan, kita akan melihat outsourcing dalam bentuk utility computing. Seberapa besar yang akan di outsource menjadi issu utama managerial.

         Seberapa besar infrastructure?

Menjustifikasi aplikasi sistem informasi adalah pekerjaan yang tidak mudah akibat  intangible benefits dan perubahan teknologi yang cepat, membuat sistem cepat ketinggalan/obsolete. Justifikasi  infrastructure adalah lebih sulit ketika banyak user dan aplikasi berbagi/share infrastructure yang akan digunakan untuk beberapa tahun ke depan. Hal ini membuat hampir tidak mungkin untuk meng-quantifikasi benefitnya. Basic architecture adalah perlu , tetapi disana banyak pilihan/opsi.

         Peran ISD dan end users.

 Peran dari ISD dapat menjadi sangat penting, sehingga top management sering salah menilainya. Menyerahkan hanya pada tugas-2 teknis dari ISD, manajemen puncak  dapat membahayakan keseluruhan organisasi dimasa depan. Bagaimanapun, tidak layak secara ekonomis bagi ISD untuk mengembangkan dan mengelola semua aplikasi TI dalam organisasi. End users memainkan peran penting dalam pengembangan TI dan manajemen TI. End users tahu banyak kebutuhan informasinya dan seberapa mereka harus dipenuhi. Mengelola secara memadai end-user computing adalah penting untuk kemajuan seluruh organisasi.

 

This entry was posted in Corporate Information System and tagged . Bookmark the permalink.

8 Responses to Pertemuan : 02- Infrastruktur TI : Sistem-Sistem Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *