Pertemuan : 06- Ifrastruktur TI : Telekomunikasi dan Jejaring lanjutan

SOAL

M0304 – Corporate Information Systems Management

Pertemuan : 06- Ifrastruktur TI : Telekomunikasi dan Jejaring lanjutan

 

  1. Jelaskan  konsep-konsep dari Internet dan  Web, apa kepentingannya, dan kapabilitas mereka. ?

 

        Discovery: Discovery melibatkan browsing dan information retrieval.

        Communication:  Internet menyediakan saluran komunikasi cepat dan murah, dari mulai penempatan pesan/messages pada papan sampai dengan pertukaran informasi yang kompleks dari banyak organisasi. 

        Collaboration: Untuk memeperbaiki kommunikasi, kollaborasi elektronik atara individual  dan/atau  group dari tataran screen sharing dan teleconferencing sampai dengan  group support systems.

        Net juga digunakan untuk :

        Pendidikan

        Entertainment: Orang dapat akses ini atau konten dari koran, majalah dan buku-2. korespondensi dengan teman dan keluarga, main games, mendengarkan musik, lihat film dan eventevent budaya.

        pekerjaan : Mereka dapat  download documents, melakukan penelitian.

 

 

  1. Apa peran dan manfaat  dari  intranets, extranets, dan corporate portals bagi organizasi  ?

 

Intranet: satu jaringan yang dirancang untuk melayani kebutuhan-2 informasional internal perusahaan/organisasi , menggunakan konsep-2 dan alat-2 Internet.

        Browsing dan kapabilitas Searching.

        Dukungan komunikasi dan kolaborasi.

Extranet: Suatu extranet adalah satu infrastruktur yang memungkinkan komunikasi secara aman (nyambung ke  intranets dari organisasi lain) diantara rekan bisnis melalui the Internet.

        Melakukan transaksi dari business-to-business (B2B)

        Menyediakan antarmuka untuk pertukaran forlumir2/forms  bisnis.

Corporate portals menyediakan single-point akses ke specific enterprise information dan applikasi yang tersedia dalam Internet, intranets, dan extranets kepada para pegawai, business partners, dan customers. Dikenal dengan enterprise portals atau enterprise information portals.

 

  1. Bagaimana  cara  komunikasi bekerja melalui  Internet.

 

Communications dapat melibatkan satu atau beberapa media yang ditunjang TI , seperti text, voice, graphics, radio, pictures, dan animation. Menggunakan media yang berbeda meningkatkan efektivitas dari suatu  pesan, melancarkan pembelajaran, dan meningkatkan pengambilan keputusan. 

        Electronic Mail

        Web-Based Call Centers

        Electronic Chat Rooms

        Voice Communication

        Weblogging (Blogging)

 

  1. Demonstrasikan bagaimana orang berkolaborasi  melalui  Internet, intranets, dan extranets menggunakan bergagai alat dukungan, termasuk voice technology dan teleconferencing. ?

 

        Video Teleconferencing  (videoconference), peserta di sat lokasi dapat melihat peserta lain di lokasi yang berbeda. Data (data conferencing) dapat juga dikirim bersamaan dengan suara dan gambar memungkinkan mereka untuk bekerja pada dokumen secara bersama-sama.

        Web Conferencing adalah Videoconferencing yang hanya dilakukan dengan menggunakan Internet

 

 

  1. Jelaskan groupware capabilities, analisis peran dari e-learning dan distance learning. ?

 

Produk-2 Software yang mensuport grup dari orang-2 yang berbagi tugas atau sasaran umum yang sama dan yang berkolaborasi dalam pencapaiannya.Groupware termasuk penggunaan networks / jejaring untuk berhubungan dengan orang-2, meskipun orang-2 tersebut dalam satu ruangan yang sama.

 

Distance learning (DL) merujuk pada situasi dimana guru dan para murid tidak bertemu muka. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. E-learning hanya salah satu bentuk dari belajar-jarak jauh (distance learning). Disediakan satu set alat yang baru yang menambah nilai kepada moda belajar tradisionil. Tidak menggantikan ruang kelas tetapi memperbaikinya, memanfaatkan konten2 baru dan teknologi-2 yang baru. 

 

This entry was posted in Corporate Information System and tagged . Bookmark the permalink.

3 Responses to Pertemuan : 06- Ifrastruktur TI : Telekomunikasi dan Jejaring lanjutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *