Sistem Informasi Rumah Sakit

( 1 )

Visi :

Menjadi Rumah Sakit No.1 di Indonesia yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

 

Misi :

– Meningkatkan pelayanan yang terbaik dengan biaya yang dapat menjangkau semua kalangan
– Meningkatkan performance karyawannya standard international
– Menggunakan IT/IS dalam mendukung kegiatan operasional dan finansial rumah sakit


Fungsi :
– Memberikan pelayanan berupa jasa dokter, rawat inap, dan obat-obatan secara cuma bagi karyawan dan layanan komersil biasa kepada masyarakat umum

– Memberikan keringanan dan potongan harga kepada masyarakat miskin

– Mengefisienkan proses pelayanan dengan menggunakan IT/IS

 

Tujuan :

– Memperluas pelayanan dengan menerima pasien dari berbagai kalangan

– Menghasilkan informasi yang bersifat real time

 

( 2 )
Iya, penggunanaan IT/IS di rumah sakit ini masih terus dikembangkan karena sistem yang telah berjalan masih bersifat operasional (OAS) dan harus perlu dikembangkan lagi kesebuah sistem yang berkonsep Knowledge Management System (KMS) agar proses bisnis yang ada dapat didukung sempurna oleh IT/IS dengan infrastruktur ITsebagai penyokongnya.

Tugasnya :
1. Layanan apa saja yang perlu dikembangkan dengan  IT/IS ?

2. Dari masing-masing layanan tersebut bagaimana implementasinya ?
3. Dari masing-masing layanan tersebut berikan alasan pengembangannya ?

 

» Sistem Informasi Resep

Suatu konsep yang mempunyai tujuan untuk mengintegrasikan suatu informasi dari dokter kepada apotiknya mengenai informasi resep yang diberikan dari dokternya kepada pasien.

 

Awalnya pasien menunggu dokter yang telah memeriksanya untuk mendapatkan resep yang telah ditulisnya.Lalu pasien membawa resep yang telah diberikan oleh dokter untuk dibawa ke apotik. Proses ini sangat memakan waktu yang cukup lama, karena pasien harus menunggu dokter untuk menulis resepnya dan mengantarkan resep tersebut kepada apotik untuk ditebus resepnya. Layanan tersebut juga tidak memberikan kepuasan kepada pelanggannya atau customer satisfaction-nya rendah.

 

Untuk memotong proses yang dianggap boros dan tidak efisien tersebut, maka dibuatkanlah suatu Sistem Informasi Resep yang dapat mengurangi proses yang dianggap tidak efisien tersebut dan juga dapat meningkatkan kepuasan pasiennya tersebut.

 

» Sistem Pendaftaran Online

Suatu konsep yang mempunyai tujuan untuk mengurangi jumlah antrian pasien yang datang untuk melakukan pendaftaran agar dapat mempermudah pasien dan meningkatkan kepuasan pasien tersebut.

 

Pendaftaran yang sebelumnya dilakukan oleh pasien dengan harus datang ke rumah sakit tersebut dengan membawa berkas-berkas yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran tersebut. Pasien harus menunggu bila terdapat suatu antrian, sehingga ini sangat membutuhkan waktu lama untuk si pasien dalam melakukan pendaftaran. Lalu pasien menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan kepada petugas dan harus menunggu lagi untuk mendapatkan kartu pendaftarannya.

 

Dengan dibuatkannya suatu Sistem Pendaftaran Online, maka proses yang dianggap tidak efisien ini dapat dihilangkan dan dapat dipermudah dengan dilakukan secara online tersebut. Hal ini juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dalam melakukan proses terhadap rumah sakit tersebut. Dengan adanya system ini juga maka Rumah Sakit dapat menjangkau pelanggan dari seluruh tempat dan lebih banyak.

 

» Sistem Booking Online

Suatu konsep yang mempercepat suatu proses informasi yang didapat oleh pasien dalam memesan dokter dan tempat dalam memeriksa pasien.

 

Proses pesan waktu & dokter yang akan memeriksa pasien dengan harus datang ke Rumah Sakit dan menanyakan jadwal dokter serta menunggu bila sedang antri adalah suatu proses yang dilakukan oleh pasien sebelumnya. Pasien harus datang ke Rumah Sakit dan menanyakan jadwal dokter, bila ternya tidak ada yang kosong maka pasien harus pulang kembali. Proses ini sangat tidak menguntungkan pasien, karena pasien sudah membuang waktu dan tidak mendapatkan hasil yang memuaskan serta kepuasan pasien pun berkurang terhadap layanan rumah sakit tersebut.

 

Sistem Booking Online dibuat dengan tujuan untuk mempercepat proses dalam mendapatkan informasi serta dapat mempermudah dalam melakukan penjadwalan dokter dengan pasiennya. Dengan system ini pasien dapat mudah dalam mengambil keputusan untuk melakukan agenda rutinnya untuk pemeriksaan di rumah sakit.

 

Kesimpulan :

Implementasi IT/IS dilakukan dengan mereview bisnis prose dari rumah sakit tersebut. Setelah didapat bisnis proses tersebut lalu dipetakan proses yang dianggap bisa dipersingkat dengan bantuan IT/IS. Dengan menggunakan konsep Sistem Informasi yang ada lalu dikembangkanlah suatu IT/IS dengan langkah-langkah yang ada didalamnya sehingga system dapat dipergunakan dengan mudah. Dari perkembangan IT/IS yang diperlukan oleh rumah sakit tersebut karena sangat dibutuhkan dalam meningkatkan customer satisfaction pada rumah sakit tersebut. Dapat mempercepat / mempersingkat proses dengan bantuan IT/IS tersebut, sehingga hasil yang diperoleh adalah penghematan biaya, waktu dan tenaga yang dikeluarkan.

This entry was posted in Information System and tagged . Bookmark the permalink.

3 Responses to Sistem Informasi Rumah Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *